Diet Sehat Cara Menurunkan Berat Badan

Banyak yang menganggap bahwa langsing itu cantik dan iklim cantik yang dimulai dengan badan langsing sudah menjadi sebuah lifestyle yang merasuk ke kepala para perempuan. Maka, tidaklah heran pusat-pusat pelangsingan badan seperti tempat berolahraga hingga operasi plastik menjamur. Tidak cukup dengan hanya itu, beragam program diet ditawarkan di pasar, bentuknya bisa mulai dengan makanan hingga yang paling ekstrim operasi agar langsing bisa lebih cepat. Pilihan akhirnya ada di tangan masing-masing orang, namun kerapkali banyak yang memilih jalur salah untuk sebuah bentuk fisik “langsing”.

Ya, banyak orang melakukan berbagai cara dalam menurunkan berat badan. Mulai dari diet ketat, berolahraga keras, mengonsumsi pil penurun berat badan, hingga sedot lemak. Hasilnya bervariasi. Ada yang tidak berhasil. Ada yang berhasil tapi sementara. Dan ada juga yang berhasil tetapi mendatangkan efek samping yang lain. Kebijakan setiap orang dalam memutuskan program apa yang digunakan untuk menjadi langsing akhirnya menjadi sebuah keputusan yang menjadikannya bukan hanya langsing tapi sehat atau tidak.

Langsing adalah cantik! Jika memang Anda sudah menganut hal itu di kepala Anda, jangan lupakan bahwa sehat jauh lebih penting daripada sekadar langsing. Nah, untuk itulah, Anda harus memilih program pelangsingan yang aman bagi tubuh Anda. Diet sehat merupakan cara menurunkan berat badan yang paling aman. Dalam pola diet ini lebih banyak hal yang jauh lebih aman dibandingkan metode lainnya. Banyak hal yang dilakukan aman dan tidak membahayakan kesehatan. Lantas, seperti apakah diet sehat cara menurunkan berat badan itu? Apakah diet ini efektif untuk menurunkan berat badan? Mari kita bahas semuanya.

Dalam berdiet sehat, ada beberap hal yang menjadi kunci keberhasilan dalam berdiet. Kunci keberhasilan ini menjadi hal paling utama di dalam melakukan diet sehat. Kunci keberhasilan ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Perubahan gaya hidup dan bukan hanya sekedar penurunan berat badan jangka pendek. Artinya Anda tidak bisa melakukan diet hanya dalam jangka waktu tertentu saja, melainkan harus dengan komitmen untuk menjaga konsistensi melakukan perubahan dalam pola makan hingga pola hidup yang lebih sehat, jika perlu selamanya.
  •  Adanya pihak luar yang mendukung, yaitu keluarga, sahabat, relasi, dokter, atau komunitas.
  • Penurunan berat badan yang perlahan-lahan tetapi pasti.
  • Tujuan dan motivasi yang kuat dalam berdiet.
  • Adanya catatan harian mengenai kemajuan dan juga kegiatan serta makanan yang dikonsumsi.

Setelah kunci keberhasilan bisa terkuasai dengan benar, dalam berdiet sehat tentu diharuskan adanya pengurangan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan ini pada akhirnya akan memicu penurunan berat badan. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan dalam mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  • Hindari jebakan diet dengan hasil penurunan berat badan yang drastis dalam waktu sekejap. Hal ini karena biasanya diet tersebut bersifat sementara saja.
  • Berhentilah makan karena emosi. Di sini, maksudnya adalah jangan makan karena Anda sedang sedih, bahagia, kesepian, menonton tv, atau yang lainnya. Makanlah hanya ketika tubuh Anda merasa lapar hingga tubuh tak lapar lagi. Tak lapar bukan berarti kenyang tetapi netral (tidak lapar dan tidak kenyang). Jangan takut untuk lemas atau lesu karena dengan pola yang seperti ini, tubuh Anda bisa lapar berulang-ulang dan Anda bisa makan berulang-ulang pula.
  • Makanlah makanan Anda secara sadar. Maksudnya adalah bahwa setiap makan pastikan aktivitas yang Anda lakukan hanya makan dan tidak tebagi dengan yang lain. Misalnya saja menonton tv atau berbincang dengan teman. Hal ini agar Anda selalu sadar dan fokus pada rasa lapar Anda hingga perut menjadi netral (tidak lapar lagi).
  • Pastikan makanan Anda banyak mengandung serat yang bisa Anda peroleh dari buah-buahan dan juga sayuran. Serat terbukti mampu mengikat lemak dan juga membersihkan perut dari racun.
  • Manjakan diri Anda tapi jangan sampai kebablasan. Di sini maksudnya adalah Anda bisa makan apa saja selama makanan tersebut dikonsumsi pada saat perut Anda lapar. Dan jangan memakannya saat tidak lapar. Hentikan makanan yang Anda mau tersebut saat perut sudah tidak lapar lagi.
  • Bertanggungjawablah Anda terhadap makanan yang Anda makan. Di sini maksudnya adalah jangan sampai Anda mengabaikan sinyal lapar perut Anda sekali pun Anda sedang sibuk. Jangan pula Anda mematok makan pada jam tertentu. Makanlah kapan pun Anda lapar.
  •  Lakukan hal-hal yang baik bagi kesehatan. Misalnya saja banyak minum air putih, berolahraga, dan lain-lain.

Nah itulah kiranya beberapa hal dalam diet sehat cara menurunkan berat badan. Sekarang semua kembali kepada diri masing-masing, semoga tips dan penjelasan di atas bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Trackbacks

  1. [...] ketiga yang menjadi alasan pemilihan buah apel dalam diet menurunkan berat badan adalah kemampuan apel dalam mengikat lemak yang ada di saluran pencernaan. Apel ini juga menjadi [...]

  2. [...] atau ahli diet untuk mengikuti program pelangsingan tubuh yang aman. Banyak orang yang ingin cepat menurunkan berat badan dan mengikuti program-program pelangsingan yang membahayakan. Di artikel ini akan dituliskan 5 [...]

  3. [...] tumbuh. Salah satu jenis diet yang dipercaya menyehatkan dan juga memiliki efek yang efektif dalam menurunkan berat badan adalah diet Atkins. Seperti apa diet Atkins sebenarnya dan bagaimana diet ini dapat bekerja? [...]

Speak Your Mind

*


*