8 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Para penderita tekanan darah tinggi seringkali membutuhkan bermacam-macam obat untuk mengontrol tekanan darahnya. Tetapi jangan takut, dengan mempunyai pola hidup yang benar dan sehat ketergantungan akan obat-obatan terdebut dapat dihilangkan.

Berikut adalah 8 cara alami untuk menurunkan tekanan darah:

  1. Berolahraga
    Carilah aktivitas yang Anda sukai dan lakukanlah selama 30 menit setiap harinya. Pekerjaan rumah tangga, berkebun, jalan-jalan di mall, bersepeda, atau joging dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bila pekerjaan Anda tidak membutuhkan aktivitas fisik yang berarti, misalnya Anda duduk di belakang meja sepanjang hari di kantor, cobalah latihan aerobik untuk menurunkan tekanan sistolik 3 sampai 5 mm Hg dan tekanan diastolik 2 sampai 3 mm Hg. Banyak aktivitas akan dapat mengurangi jumlah obat tekanan darah tinggi yang harus dikonsumsi para penderita.
  2. Menambah konsumsi Kalium
    Anda mungkin tahu bahwa terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi kebanyakan orang tidak tahu akan manfaat kalium yang dapat melawan efek negatif natrium. Penderita darah tinggi sebaiknya menambah jumlah kalium pada menu dietnya. Orang dewasa membutuhkan 4700 milligram kalium setiap harinya. Beberapa sumber kalium yang baik adalah pisang, kentang panggang dengan kulitnya, jus jeruk, dan yoghurt rendah atau tanpa lemak.
  3. Kurangi berat badan
    Tekanan darah seringkali meningkat seiring dengan penambahan berat badan. Semakin berat badan Anda berkurang, maka tekanan darah akan semakin menurun. Penurunan berat badan dapat juga meningkatkan efektifitas obat darah tinggi yang Anda konsumsi. Konsultasilah dengan dokter berat badan ideal yang harus Anda capai.
  4. Kurangi konsumsi garam
    Batasi konsumsi natrium kurang dari 2.300 mg setiap harinya. Untuk usia 51 tahun ke atas sebaiknya mengurangi konsumsi natrium sampai 1.500 mg setiap harinya.
  5. Kurangi minuman beralkohol
    Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi untuk peminum berat yang ingin menurunkan tekanan darahnya harus mengurangi konsumsi alkohol secara perlahan selama 1 atau 2 minggu. Bila mereka berhenti mengkonsumsi alkohol sama sekali secara tiba-tiba dapat beresiko mengalami tekanan darah tinggi selama beberapa hari. Alkohol juga mengandung banyak kalori yang dapat mengakibatkan peningkatan berat badan – salah satu faktor penyebab darah tinggi.
  6. Kurangi kafein
    Peran kafein dalam mengakibatkan tekanan darah tinggi masih diperdebatkan. Tetapi mengkonsumsi kafein dapat mengakibatkan lonjakan tekanan darah, walaupun belum jelas apakah efeknya adalah sementara atau jangka panjang. Untuk melihat apakah kafein meningkatkan tekanan darah Anda, ukurlah tekanan darah Anda setelah mengkonsumsi kafein. Bila tekanan darah meningkat 5 sampai 10 mm Hg maka Anda mungkin saja sensitif terhadap efek kafein.
  7. Berhenti merokok
    Kandungan nikotin di tembakau dapat meningkatkan tekanan darah sampai 10 mm Hg atau lebih sampai 1 jam setelah Anda merokok. Merokok sepanjang hari berarti tekanan darah akan tetap tinggi. Perokok pasif juga dapat meningkat tekanan darahnya hanya dengan menghirup asap rokok.
  8. Kurangi Stress
    Stress dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah secara temporer. Ambillah waktu sejenak untuk berpikir apa yang menbuat Anda stress atau merasa cemas dan pertimbangkan bagaimana Anda menghilangkan atau mengurangi stress. Melakukan Yoga atau Meditasi juga sangat baik untuk membantu mengurangi stress.

Speak Your Mind

*


*